Sabtu, 10 Januari 2015

Khasiat Kunyit Putih

Dikenal sebagai kunyit putih yang memiliki nama latin curcuma zedoaria atau curcuma alba atau curcuma mangga, juga dikenal sebagai temu jahe.


Berikut hasil penelitian dari beberapa tempat yaitu :
  1.  Berdasarkan buku Anti Cancer Medical Herbs oleh Chan Minyi, kunyit putih memiliki efektifitas tinggi untuk mengatasi kanker dan tumor.
  2. Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tumbuhan ini memiliki sifat; menghentikan pendarahan, antinflamasi, dan menambah nafsu makan. Hasil penelitian menunjukan tanaman ini bersifat antineoplastik (merusak pembentukan ribosom pada sel kanker atau menghambat pertumbuhan sel kangker) dengan bagian yang digunakan adalah rimpang dan daun
  3. Berdasarkan hasil penelitian American Institute Cancer Report (New York Time) 1 Juni 1999 dan juga oleh pakar Fakultas Farmasi ataupun PAU Bioteknologi serta PPOT UGM Yogyakarta menyatakan bahwa Kunyit Putih mengandung:
    • RIP (Ribosome Inacting Protein): Berfungsi menonaktifkan perkembangan sel kanker, merontokkan sel kanker tanpa merusak jaringan sekitarnya, memblokir pertumbuhan sel kanker.
    • Zat Antioksidan:Untuk mencegah kerusakan gen.
    •  Zat Anti-curcumin: Sebagai anti-inflamasi (anti-peradangan).
Melihat hasil penelitian diatas dan zat kandungan dari kunyit putih, dapat disimpulkan bahwa  kandungan aktif yang dimiliki kunyit putih dapat menurunkan demam, mengatasi keracunan,  menyembuhkan kanker, tumor, maag, ambeien, radang tenggorokan, radang hati, bronkhitis, amandel, nyeri haid, keputihan, jerawat, bisul, diabetes, darah tinggi, stroke, sakit jantung, asam urat, kolesterol, asma, tifus, usus buntu, disentri, memperlancar ASI, berperan sebagai pembersih dimasa nifas dan apabila dikonsumsi dalam keadaan segar dapat menyembuhkan sakit gigi dan menghilangkan bau nafas tak sedap. Untuk penggunaan luar dapat mengurangi bekas jerawat dan noda hitam.

Selain hal diatas Kunyit putih sebaiknya dihindari oleh wanita yang sedang hamil karena dapat mengakibatkan keguguran

Rimpang ini agak sulit ditemui dipasaran dibandingkan teman-teman rimpang lainnya seperti  jahe, lengkuas, kunyit, temulawak atau kencur.

Untuk yang berminat mencoba khasiat Kunyit Putih dengan rasa yang terbukti enak dan sudah memiliki izin PIRT dapat mencoba Naturali Kunyit Putih.

Saya akan kembalikan uang yang ditransfer jika rasanya tidak enak…. ;)
Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar