Kamis, 30 April 2015

5 Tips Belajar Mengendarai Motor untuk Pemula ( Pemulaaaaaaaaa Bangets)

Udah umur segini, baru mulai belajar motor, karena kebetulan tetangga Mama berniat menjual motor maticnya dan berniat untuk mengajari sampai bisa.... jadi kalau Saya bisa baru dibayar.. beban berat banget yak hehehhee.....

Om google dan mas youtube selalu menjadi inspirasi pertama untuk mencari bagaimana belajar mengendarai motor untuk pemula, dan tonton sana-tonton sini, buka sana dan buka sini yak akhirnya nemuin artikel yang pas, untuk nanti sore saya belajar motor matic.

Berikut tips dan trik untuk belajar mengendarai motor untuk pemula seperti saya, dan akan saya ingat terus semoga ngga lupa nanti sore ya, dan semoga yang ngajarin super sabar dan tabah.. xixixi

Cara mudah belajar mengendarai semua jenis sepeda motor.
apakah kamu masih seorang pemula? apakah kamu sudah merasa berumur, namun belum bisa berkendara sepeda motor? apakah kamu bisa mengendarai motor Matic, tapi ngga bisa ngendarai motor kopling? --> kalimat ini sungguh membuat saya PEDE tingkat dewa... :)

Berikut tips-nya:
belajar mengendarai sepeda motor itu gampang gampang susah. Intinya adalah fokus dan rileks. Tidak boleh tegang, apalagi panik. yang seperti ini sangat berakibat fatal ketika berkendara.
Tidak masalah apakah anda ingin belajar motor matic dulu atau langsung belajar motor manual, bahkan kopling. pertama, saya akan memberikan tips belajar mengendarai motor dengan sistem MATIC.

1. Konsentrasi pada Keseimbangan
Pertama adalah yang harus anda latih adalah konsentrasi pada keseimbangan kendaraan kamu. usahakan agar kendaraan tidak oleng. melajulah dengan kecepatan maksimal 10km/jam. kenapa?
melaju cepat itu mudah, tapi yang sulit adalah melaju dengan lambat. sebab dalam keadaan lambat, motor biasanya sulit dikendalikan, sehingga stang motor bisa saja oleng. jadi, yang paling utama adalah keseimbangan dalam berkendara lambat.dengan latihan seperti ini kamu dapat mengatur tarikan gas yang stabil.
lebih baik lagi jika kamu sambil membonceng seseorang yang sudah mahir, agar dapat memberikan instruksi untuk kamu.

2. Mengatur Rem 
Setelah keseimbangan, latihlah cara mengatur Rem di kedua sisi stang. terutama pada rem depan yang terbilang sangat pakem. rem depan (di sebelah kanan) hanya digunakan disaat saat darurat, seperti mengerem ketika ada kendaraan yang berhenti mendadak, hilang konsentrasi atau sesuatu yang mendadak menghalangi anda saat berkendara seperti penyeberang jalan yang sembrono atau binatang yang hendak melintas.
yang harus dilatih disini adalah, kamu tidak boleh menarik rem lagsung satu tarikan penuh. laju kendaraan akan berhenti dengan cepat sehingga kamu dapat kehilangan keseimbangan. tariklah rem sesuai keadaan, dan insting kamu.

3. Berhenti
Kedua tips diatas, sangat direkomendasikan untuk memiliki seorang pendamping. jika dua hal diatas sudah kamu kuasai, kamu dapat berlatih sendiri tanpa seorang pendamping. yang ketiga adalah berhenti. Berlatih memberhentikan motor juga sangat penting. yang utama adalah menggunakan rem belakang, dan menurunkan gas sampai nol. jika anda sedang ngebut, kemudian tujuan anda sudah hampir dekat, maka turunkan gas hingga nol sambil menarik rem belakang saja. ketika gas dilepas, maka motor otomatis melambat sampai 40%. dibarengi dengan rem, maka akan berhenti dengan cepat, tanpa terdorong kedepan.
Jangan mengerem sambil menarik rem untuk mengurangi kecepatan karena dapat mengakibatkan pemborosan bahan bakar. tariklah gas seperlunya untuk melaju lambat tanpa rem. atau biarkan gas pada posisi nol, gunakanlah sedikit rem belakang.
ketika menghadapi hal hal yang mendadak, seperti binatang yang melintas, orang menyeberang, atau diselip kendaraan lain.
tetap rileks dan tenang meskipun jantung anda berdebar. jangan takut terjatuh atau tertabrak. selama konsentrasi kamu terjaga, dan tetap rileks hal-hal buruk tidak akan terjadi. intinya kamu harus bisa menguasai dirimu sendiri dan keadaan sekitar. cobalah untuk tidak panik, seperti menarik rem depan dan belakan secara bersamaan, atau kurangi kecepatan kemudian berbelok menyingkir dari sasaran yang akan tertabrak ke arah yang aman.

4. Perhatikan Tombol
Perhatikan semua tombol tombol penting dalam motor anda seperti lampu utama, lampu sein, lampu rem, klakson dan choke. semua tombol itu memiliki fungsi yang berbeda-beda. lampu utama dinyalakan ketika malam hari dan ketika melewati jalan raya utama. lampu sein digunakan ketika kamu hendak berbelok, paling tidak dinyalakan 3 detik sebelum berbelok agar pengendara lain yang berada di belakang kamu dapat tahu bahwa kamu akan berbelok.lampu rem, berguna untuk memberikan sinyal pada kendaraan dibelakang agar tidak menabrak kamu. klakson untuk memperingatkan, dan choke untuk memaksa bahan bakar agar dapat mengalir. khusus untuk choke, ini hanya digunakan ketika motor anda sudah lama tidak digunakan sehingga aliran bensin ketika dinyalakan tidak lancar. choke akan memaksanya untuk mengalir. setelah mesin menyala, langsung gas hingga motor menggerung ahar aliran bahan bakar kembali normal. jangan lupa, matikan choke terlebih dahulu setelah mesing menyala.

5. Lincah dalam Berkendara
Kelincahan. kamu juga harus lincah dalam mengendarai motor. artinya tidak hanya sekedar bisa menaiki dan menjalankannya saja. kamu tidak boleh mengendarai motor dengan lambat sedang kendaraan lain mungkin terganggu karena tidak bisa melewati anda. ada saat-saat dimana kamu harus melaju dengan cepat agar tidak mengganggu pengendara lain yang di belakang.
kamu juga harus pandai pandai menyelip ke jalan yang sempit. ketika kamu menemui hal ini, yang kamu harus lakukan adalah mengukur jauh-jauh sebelum melewati jalan tersebut. apakah kamu bisa melewatinya atau tidak. gunakan insting dan firasat kamu ketika menghadapi hal ini.
selain itu ketika kamu hendak menyalip kendaraan lain di depan, terutama kendaraan yang panjang dan lebar, maka bersabarlah. tunggulah jalur lawan arah agar kosong terlebih dahulu. kamu harus menunggu kesempatan menyalip kendaraan ketika jalur lawan arah benar-benar aman. agar tidak membuat pengendara lain panik karena hampir menabrakmu, gunakanlah lampu sein agar pengendara lain dibelakang dapat tahu bahwa kamu akan berbelok untuk menyalip.
terakhir, kemahiran. untuk poin ini kamu sendiri yang dapat mengetahuinya. yang terpenting adalah kamu harus terbiasa.

Demikianlah tips cara belajar mengendarai motor matic atau non matic untuk pemula, yang pasti artikel ini bermanfaat banget untuk Saya... :)

Sumber : FB Dunia info, tips & trik unik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar