Jumat, 22 Mei 2015

6 Cara Menggali Lebih Dalam Tentang Diri Sendiri

Kebanyakan baca tentang motivasi, nonton acara-acara motivasi dan berbau hal tentang motivasi, semuanya membahas bagaimana cara bersikap dalam segala kondisi dengan melihat dari sisi positif disetiap kondisi yang dihadapi.

Padahal yang sangat penting adalah mengenali diri sendiri dahulu, kenal diri sendiri menurut Saya pribadi beda dengan introspeksi, kalau introspeksi kok kesannya mencari-cari hal yang kurang berkenan dan lebih berkesan negatif yah.... apa cuman perasaannya Saya saja.. hehehe...


Semakin kenal dengan diri sendiri dan mencoba menjawab pertanyaan dibawah ini membuat Saya berteriak "Wwooooww, baru sadar ternyata Saya ...... bla...bla...bla...bla....

Yuk ikutan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, agar melek diri ternyata kita lebih dari yang kita bayangkan....

1. Apa yang benar-benar Saya cintai dalam melakukan segala sesuatu.
Ini sangat penting, karena berhubungan dengan passion yang membuat kita semangat dalam mengerjakan sesuatu dan memberikan inspirasi dan energi positif sehingga kita merasa berarti didalam hidup ini.
Kalau Saya pribadi hal yang membuat saya sukai adalah disaat saya bisa membagi ilmu baik itu ilmu komputer, akuntansi, pajak atau ilmu lainnya. Oleh sebab itu Saya suka menulis pengalaman Saya agar bisa berguna bagi yang membaca tulisan Saya. Blog ini Saya buat sebagai primbon berjalan Saya atau mungkin nanti anak Saya bisa membaca tulisan mommy nya.

2. Apa sih yang sudah Saya capai yang benar-benar membuat Saya bangga.
Buat daftar pencapaian yang telah Anda capai dalam hidup ini, accomplishment yang sudah kita capai dapat membantu kita untuk menganalisa kesuksesan yang sudah dicapai saat ini, baik itu berupa sikap, perilaku, tidakan atau strategi. Catat juga hal-hal yang mudah kamu kerjakan tetapi sulit dikerjakan oleh orang lain sehingga Anda akan mengerti kemampuan Anda dibidang apa.
Saya sendiri baru tahu kalau Saya punya kemampuan menulis akhir tahun yang lalu, setelah Saya merasakan nikmatnya menulis dan berbagi. Dan saya merasa sangat bangga jika dijadikan tempat teman-teman konsultasi mengenai apapun dan memberikan saran atau solusi yang memiliki dasar.

3. Apa yang menjadi tujuan hidup ?
Ini pertanyaan rasanya sok idealis atau apa yah, tetapi jawabannya susah-susah gampang karena tujuan hidup ingin bahagia dunia dan akhirat adalah jawaban yang terlalu umum atau bahkan abu-abu.
Sebenarnya yang terpenting dalam menjawab pertanyaan ini adalah impian besar atau panggilan hidup agar bisa bermanfaat bagi sesama mahluk hidup.
Agar lebih mudah pemahamannya, impian terbesar Anda adalah takdir dan panggilan yang biasanya Anda kerjakan dengan ikhlas. Kekuatan Anda adalah panggilan untuk bisa mencapai impian tersebut. Passion Anda adalah tanda-tanda dan jalan untuk mencapai impian itu.
Jadi seharusnya sekarang sudah lebih mudah untuk menjawab secara jujur dengan diri sendiri, apa saja impian Anda? Ingin jadi orang seperti apa, dengan kualitas seperti apa? Ingin melakukan apa? Ingin menciptakan apa? Ingin memiliki apa saja?

4.  Kalau tidak ada batasan terhadap apa yang bisa kita miliki atau lakukan di dunia ini, apakah itu?
Seperti apa hidup yang paling ideal untuk Anda? Kalau Anda bangun 5, 10 ataupun 20 tahun dari sekarang, seperti apakah hidup Anda? Anda akan tinggal dimana? Dengan siapa? Rumah seperti apa? Dikelilingi apa? Apa yang Anda lakukan? Apa pekerjaan Anda? Bagaimana Anda membawa perubahan? Apa yang Anda lakukan di hari itu? Bisakah Anda membayangkannya dengan sangat detil menggunakan 5 panca indra Anda?

Jujur, setiap orang yang Saya ajak untuk melakukan hal ini mengalami kesulitan. Kenapa? Karena merasa terlalu berangan-angan dan tidak realistis. Tapi mimpi bukan tentang realita, tetapi mengajak kita untuk mendekatkan diri ke hidup yang benar-benar kita deserve.
Seperti papa Diseney yang mengatakan, “If you can dream it, you can do it.” Kalau kita terlalu takut untuk bermimpi, bagaimana kita bisa mencapainya?

5. Kalau Anda memiliki akses ke uang yang sangat banyak, apa yang akan Anda lakukan?
Setelah Anda keliling dunia, membeli rumah dan mobil impian Anda, membeli semua barang-barang yang Anda inginkan, donasi ke keluarga dan charity, bikin usaha sendiri, lalu apa? Apa yang akan kamu lakukan di masa ‘pensiun dini’ ini?

Coba benar-benar pikirkan. Pikir tanpa batasan. Rasakan apa yang benar-benar kamu passionate about dan ingin lakukan. Kalau mau, coba list sebanyak-banyaknya dalam waktu 15 menit, lalu lihat dari 100 hal yang kamu tuliskan, yang mana yang paling mencolok.

6. Siapa yang benar-benar menginspirasikan Saya
Saya pernah melakukan aktivitas ini dengan teman-teman di kantor. Masing-masing diminta untuk menuliskan 3 orang yang benar-benar mengisnpirasikannya, lalu menuliskan kualitas-kualitas yang dimiliki orang tersebut (bukan sukses, harta, bendanya). Kualitas-kualitas apa yang dimiliki 3 orang ini yang benar-benar menginspirasikan kita. Kita cenderung mengidolakan orang tersebut karena orang-orang ini memiliki kualitas yang mirip atau kita inginkan tetapi mereka sudah berhasil mengalahkan hal-hal yang melimit diri mereka.

Setelah kita tahu kualitas-kualitas yang menginspirasikan kita, itulah kualitas-kualitas di diri kita yang saat ini butuh di asah. Karena dunia adalah cermin diri kita, kita hanya bisa melihat kualitas tersebut kalau kualitas itu sudah ada di dalam diri kita.

Jangan khawatir kalau kamu tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dalam 1 malam.
Tetapi ingatlah terus pertanyaan-pertanyaan ini, dan sampai suatu hari nanti, kamu bisa menjawabnya dengan keyakinan tinggi

Sumber inspirasi disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar