Kamis, 14 Mei 2015

Bagaimana Cara Bebas Hutang Ala RR

Saya pernah mengalami memiliki hutang baik ke bank atau ke keluarga dalam jumlah yang besar, dan beberapa hari yang lalu Saya mendengar ceramah di agama yang Saya anut bahwa hutang dapat menyebabkan kita terhambat masuk surga, Naudzubillahimindzalik deh... untung saya termasuk orang yang tidak gemar berhutang dan takut sekali akan hutang setelah ditipu oleh teman dekat Saya, Saya tobat dan berniat tidak akan berhutang apapun alasannya.


Pengalaman Saya membawa pemikiran dan memandang perlunya management hutang, bukan hanya saving aja yang harus di manage tetapi hutang lebih penting, jangan sampai kita lupa akan kewajiban kita.

Berikut trik & tips Saya dalam melunasi hutang pada masa lalu.

  1. Niatkan membayar hutang.
  2. Targetkan kapan hutang akan lunas dan bagaimana carluanya ? bisa melalui mencicil dengan paksaan seperti ikut arisan atau mencicil sesuai kemampuan.
  3. Jangan mengatasi hutang dengan hutang, artinya dulu Saya pernah mengalami kesalahan fatal dengan membayar hutang ke pihak keluarga dan Saya meminjam ke Bank dengan bunga KTA setelah dihitung-hitung bunganya cukup besar jika dikalikan 12
  4. Katakan "TIDAK" pada penelepon yang menawarkan KTA memang agak sulit dibantah operator telemarketing memiliki target sendiri untuk mencari nasabah. Saya pernah ditawari bunga 0% dan hanya membayar admin dan provisi dan sekali lagi itu bukanlah pemecahan masalah, untuk apa kita membayar admin & provisi jika kita tidak ada dalam keadaan darurat.
  5. yang perlu diingat adalah jangan pernah berhutang dengan cicilan melebihi 35% dari pendapatan kita, kecuali Anda ingin pusing setiap bulannya.
  6. Dan yang terakhir jangan berhutang lagi apapun alasannya, jika Anda menginginkan sesuatu lebih baik keinginan Anda menunggu sampai anda mampu.
Demikian trip & trik Saya dalam melunasi hutang, semoga kita semua bisa terbebas dari jeratan hutang baik hutang kecil maupun hutang besar, karena sekecil apapun akan dimintai pertanggungjawabannya kan...

Have a nice day friends...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar