Jumat, 15 Mei 2015

Sukses Dalam Presentasi Ala RR


Presentasi adalah hal yang mutlak disetiap kesempatan untuk kita naik kelas, entah untuk ujian sidang untuk kelulusan, atau untuk mendapakan tender atau untuk presentasi review untuk management report. Apapun tujuan presentasi pastilah hal yang penting untuk dipersiapkan.

Apa-apa saja yang perlu dipersiapkan untuk presentasi :


Buat perencanaan
Buat perencanaan di atas kertas dahulu, kenapa di atas kertas ?? karena akan terlihat coretan-coretan alam pikiran kita yang barangkali nantinya perlu untuk kita jadikan "clue" untuk penjabaran masalah.

Layout Power Point
Kebanyakan presentasi menggunakan power point, dan berikut yang paling penting untuk diperhatikan jika membuat presentasi menggunakan power point :

  • Gunakan background yang kontras, agar disetiap slide mendapatkan perhatian.
  • Bagi materi tidak lebih dari empat bagian.
  • Gunakan gambar untuk pemahaman disetiap case.
  • Jika perlu cari referesi atau buat video, karena video akan lebih mudah dipahami sehingga Anda akan lebih mudah dalam menjelaskan materi.
Persiapkan naskah dan daftar pertanyaan
Anda tidak mau berperang dengan mati konyol kan.... persiapkan segala kemungkinan termasuk jawaban dari berbagai macam kemungkinan pertanyaan.

Cek support presentation 
Sebelum presentasi dimulai cek segala support, seperti projector, computer, light pen, file dan lainnya.

Latihan bicara meggunakan mikrofon
Ini hal yang sangat penting, karena kadang kita grogi jika harus menggunakan mic, saking groginya kita ngga tahu bagaimana caranya menyalakan atau mematikan mikrofon... itu terjadi sama Saya beberapa tahun yang lalu, dan jangan sampai terjadi kepada Anda.
 
Berdoa dan tidur yang cukup sebelum hari H
Di agama Saya mengajarkan untuk shalat hajat disetiap kesempatan besar yang akan dilalui, apapun agamanya hendaklah berdoa agar diberikan kelancaran dan kemudahan dalam presentasi, dan tidur yang cukup agar stamina terjaga, sangat tidak lucu setelah semua persiapan selesai Anda malah jatuh sakit.

Demikian hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum presentasi, apapun presentasinya Saya doakan agar Anda sukses dan lancar dalam menjalaninya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar