Selasa, 26 Mei 2015

Cara Mudah Menjurnal dalam Akuntansi Ala RR

Hari ini ada seorang teman sedang melakukan test tertulis untuk masuk sebagai Asisten Manager Akuntansi, dan dia sebenarnya sudah cukup pengalaman di perusahaan-perusahaan menengah maupun besar, tetapi tetap saja kalau udah urusan ngerjain akuntansi manual, hedeuuuuhhhh menjadi dilema antara mau melamar pekerjaan lagi atau tidak karena males sama yang namanya test akuntansi.

Maklum sekarang sudah banyak software akuntansi yang bagus dan mempermudah tugas akunting. Sehingga transaksi yang ada kebanyakan sudah ter-generate dari inputan penjualan, bahan produksi, retur penjualan, logistik dan lainnya sesuai relasi file pada system komputer yang dibangun, dan hanya sedikit sekali penggunaan jurnal secara manual, biasanya hanya jurnal penyesuaian saja.

Sippp, berbahan dasarkan buku akuntansi dan pengalaman Saya gambarkan tahapan pengerjaan menjurnal adalah sebagai berikut :


Saya yakin dengan melihat prosedur menjurnal dari bagan di atas sudah padat, singkat, jelas dan tidak ada pertanyaan. Kalau masih ada pertanyaan dapat menghubungi dosen akuntansi lagi atau bisa juga kirim email ke Saya, nanti Saya bantu semaksimal mungkin dan seluang mungkin dari wakti Saya.. xixixixi

Nah selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah, bagaimana sisi debet dan kreditnya benar atau ngga ??? wah walau bersifat relatif dan case basis banget, karena yang namanya transaksi di dunia akuntasi amat sangat dinamis, maka perlu diingat default saldo pada buku besar adalah sebagai berikut :


Prosedur debet dan kredit haruslah benar dan harus benar-benar paham akan logik nya juga, karena jika salah hasilnya mungkin saja dilaporan keuangan balance tetapi pada saat audit harus membuat penyesuaian sana-sini karena salah menjurnal.

Demikian cara mudah menjurnal dalam akuntansi ala RR

Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar