Rabu, 05 November 2014

Cara Membuat Peta Menggunakan Google Maps

Well,,,,, sebagai seorang Personal Assistant saya harus berusaha mengikuti apa yang diperintahkan oleh boss, dalam hal kerjaan ya… bukan hal-hal yang negative loh….

Seperti hari ini boss minta diajarkan untuk membuat peta dari google map, yang sebelumnya saya sudah membuat untuk kunjungan beliau ke India bisa dilihat dilihat link : https://www.google.com/maps/d/edit?mid=z7uK41okpic0.kdeEEBLpDE3E peta itu saya buat berdasarkan provinsi yang akan beliau kunjungi nanti di awal bulan Desember tahun ini, dan saya pikir sudah perfecto deh itu….

Dan ternyata saudara-saudara beliau minta lebih detail dan diajarkan cara membuatnya hadeeuuhh deh….
Hmmm……. Ajarin ngga yah…. :-?
Masalahnya kalau saya ajarin dia pake bahasa inggris saya rikuh, tapi dia juga ga begitu ngerti pakai Bahasa…. Jadi saya buat tutorialnya aja yah dalam dua bahasa barangkali bisa buat pelajaran untuk semuanya nih… walau ada fungsi untuk translate tapi pasti arti dan struktur kata-katanya kurang tepat dan agak sulit untuk diartikan.

Yukkk kita mulai….

  1.  Buka situs www.googlemaps.com oya sebelumnya, untuk bisa buat map nya harus login dulu ya, saya pakai google chrome dan di tombol kanan atas ada pilihan untuk login, saya login pakai akun gmail, saya kurang tahu sih apakah bisa pakai akun yang lain. Setelah login buka google maps nya tampilan akan seperti ini : 
  2. Setelah itu klik “my map” di kiri atas yah, akan muncul tampilan seperti ini :
  3. Pilih tombol create yang ada lambang pensil ( saya ngga usah crop yah, kebanyakan gambar nanti orang-orang pikir ini blog apa buku komik)
  4. Setelah pilih create tampilan akan seperti ini dan masukan alamat yang akan dicari di search engine.
  5. Sebagai contoh saya mau cari alamat tempat saya dulu bekerja di Jl. Cideng Barat no 21 maka tampilan akan seperti dibawah ini, jika alamatnya sudah tepat tinggal klik “Add to Map” maka lambang balon udara yang tadinya hijau jadi merah.
  6. Selanjutnya jika masih ada alamat yang mau dicari ikuti instruksi dari nomor 4 sampai daftar alamat habis.
  7. Untuk mempermudah penandaan biasanya saya akan memberikan warna-warna yang berbeda disetiap alamat. Dengan cara klik di alamat yang dituju ada lambing kaleng cat tumpah trus pilih deh warna yang dimau seperti dibawah ini dan icon lambang udara bisa diganti-ganti sesuai selera dengan mengklik “style” dibawah tulisan Untitled layer     
  8. Jika sudah selesai klik share nanti akan ada kolom “Map title” di isi dengan judul peta dan description diisi dengan keterangan.
  9. Ikuti instruksi selanjutnya mau di share ke facebook, Gmail, google+ atau twitter ada deh pilihannya tinggal pilih… ngga usah saya crop lagi yah, pasti dah pada pinter untuk share-share an mah… oya jangan lupa dipilih siapa aja yang bisa melihat kalau saya sih pilihnya hanya orang yang punya link aja yang bisa buka.

Simple kan…… step nya ngga sampai 2 digits sekarang udah pada bisa deh buat petanya, cuman sayangnya  peta kesukaan anak saya ngga bisa dibikinin karena dia mintanya peta yang bisa ngomong dan joget kayak di film dora… mana ada coba yah....

saya sendiri bisa karena coba-coba barangkali ada yang membutuhkan kan jadi amanah ilmunya… J Aamiin yra…

Semoga bermanfaat ya.....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar