Senin, 03 November 2014

Kegunaan Asem Jawa

Pohon yang berasal dari Afrika ini, merupakan pohon rindang dengan pencapaian tinggi maksimal 25 meter, memiliki daun bersirip sama rata dan bunga berwarna kuning, buahnya menyerupai batang dan memiliki biji dengan panjang 3.5cm-19 cm dengan rata-rata ketebalan 2,5cm daging buah berwarna hijau dan akan menjadi coklat jika sudah tua. Kandungan dalam buah asam yaitu vitamin C, Potassium, beta karoten, anti oksidan dan magnesium yang berguna sekali untuk kesehatan dan kecantikan.




Dengan kandungan tersebut maka asam jawa dipercaya dapat digunakan sebagai :
  1. Pencerah kulit dengan cara digunakan sebagai lulur, larutkan asam jawa kedalam air hangat tambahkan bubuk kunyit sedikit lalu digunakan sebagai lulur dengan digosok-gosokan perlahan di permukaan kulit diamkan beberapa saat agar meresap lalu bilas.
  2. Pengangkat sel kulit mati, karena mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acids)mampu membantu mengangkat sel kulit mati dengan cara, ambil daging buah asam campurkan sedikit garam dan yoghurt balurkan ke wajah sambal di pijat perlahan agar sel kulit matinya terangkat. Diamkan sejenak dan bilas dengan bersih, untuk lebih jelasnya untuk penggunaan lulur asam jawa klik disini
  3. Selulit, campurkan asam jawa, gula pasir, air lemon dan baking soda gunakan sebagai masker dipermukaan kulit yang berselulit, pijat dengan arah melingkar kemudian diamkan dan bilas hingga bersih.
  4.  Selain itu dapat menyembuhkan nyeri pada saat haid, radang tenggorokan, batuk kering, bisul, sariawan, darah rendah dan keputihan.
  5.  Dapat melancarkan buang air besar dan peredaran darah karena mengandung berbagai macam asam seperti tatrat, malat, sitrat, suksinat dan asetat.
  6.  Daunnya mengandung flavonoid sebagai anti peradangan dan membantu mengurangi rasa sakit.
  7.  Sebagai penghancur lemak, karena sifatnya yang menjadi gel dan menyerap air.        

Cara Memilih Asam Jawa yang baik sangat lah mudah pilihlah asam jawa yang berbentuk panjang dengan sekat-sekat berisi biji dengan daging buah yang lembek dan kecoklatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar