Selasa, 04 November 2014

Khasiat Temulawak

Temulawak sebagai bahan dasar obat-obatan tradisional sudah popular digunakan dalam ilmu kesehatan dan farmasi, yang tergolong dalam tanaman ‘temu-temuan’ seperti kunyit, jahe dan kencur. Lahir dengan nama imliah Curcuma Xanthorhizal ini merupakan tanaman asli Indonesia sebagai bahan utama pembuatan jamu tradisional.

>> Bagian yang digunakan adalah rimpang atau umbinya, banyak yang meyakini kandungan temulawak lebih banyak dibandingkan ginseng sehingga temulawak memiliki khasiat yang lebih banyak dan berguna dibandingkan dengan Ginseng….. yuhhuuuu produk Indonesia nih…. :)

sepintas seperti kunyit yah... 



>>oke deh,,,, cukup sudah salam perkenalannya, sekarang mari kita lihat manfaat yang diberikan si rimpang asli Indonesia ini :
1.    Mencegah Rheumatik dan Asam Urat
Penelitian membuktikan kadar kurkumin dalam Temulawak cukup tinggi, Kurkumin bermanfaat sebagai anti radang sendi sehingga temulawak dapat membantu menyembuhkan gejala peradangan sendi atau tenarnya rheumatic.

2.   Menghilangkan Rasa Nyeri Saat Menstruasi
Nah ini cukup mengesalkan, setiap bulan pasti ada sebagian wanita yang mengalami nyeri saat menstruasi beken-nya dipanggil PMS (Pra Menstruation Syndrome) sudah terbukti dari jaman dahulu bagi para gadis dan ibu-ibu selalu mengkonsumsi temulawak untuk menghindari rasa sakit pada saat dan sebelum haid.

3.   Memelihara Fungsi Hati
Temuan lagi dari hasil penelitian, temulawak kaya akan kalagoga yang bermanfaat meningkatkan produksi empedu dan juga membantu merangsang tubuh untuk mengosongkan kantong empedu, dengan cara meningkatkan enzim GOT (Glutamate Oksaloasetat Transaminase) yang dimiliki temulawak dan dilain sisi enzim GPT(Glutamate Piruvat Transaminase) diturunkan, sudah diuji secara klinis dosis yang digunakan untuk mendapatkan manafaat menurukan SGOT dan SGPT yaitu antara 15-30mg kurkumin

4.   Memperbaiki Fungsi Pencernaan.
Cukup ambil 2gr Rimpang temulawak kering, lalu direbus kira-kira airnnya 500ml sehingga mendidih selama 15 menit, setelah itu disaring dan didiamkan jangan diminum selagi mendidih nanti bisa jontor kepanasan lidahnya dan mati rasa selama 7 hari hehehe (pengalaman pribadi). Oya diminumnya 3x sehari ya..
5.   Menambah Nafsu Makan
Temulawak memiliki kandungan minyak atsiri yang bersifat karminativum untuk membantu meningkatkan nafsu makan. Sehingga baik dikonsumsi untuk anak-anak yang agak susah makan. Caranya ambil 25 gr temulawak, campurkan gula meraj dan 10gr buah asam. rebus Dengan air 600cc sampai tersisa 2 cangkir, saring dan minum airnya.

6.   Menurunkan Lemak dalam Darah
Fraksi kurkuminoid yang dimiliki temulawak mampu menurunkan kadar kolesterol, trigliserida dan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL)

7.   Mengatasi Radikal Bebas
Kurkuminoid selain untuk menurunkan lemak dalam darah juga sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas iksigen dan radikal hidroksil yang bermanfaan menjaga kesehatan tubuh.

8.   Menyembuhkan Wasir
Karena temulawak berfungsi sebagai pemelihara organ pencernaan sehingga temulawak dapat menyembuhkan wasir atau hemorrhoid atau juga disebut ambeien. Kandungan temulawak bekerja dengan cara membantu melancarkan peredaran darah, memperbaiki fungsi usus besar dan membersihkan lambung.

9.   Mencegah Stroke dan Serangan Jantung.
Sebagai pengencer darah didalam pembuluh darah sehingga diyakini dapat membantu mencegah stroke dan penyakit jantung. Dengan darah yang tidak menggumpal maka sirkulasi darah tidak akan terhambat dan menyempit sehingga darah mengalir lancer ke penjuru tubuh dengan baik.

Demikian manfaat temulawak yang bisa penulis sajikan yang penulis rangkum dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi penulis sendiri. Semoga bermanfaat.

Untuk yang tidak mau repot dapat membeli productnya dengan mudah disini

Baca juga khasiat alam lainnya :
Manfaat kentang 
Manfaat Lulur Asam Jawa
Manfaat Kunyit Putih
Manfaat Pepaya
Manfaat Temulawak
Manfaat Kunyit


Tidak ada komentar:

Posting Komentar