Sabtu, 13 Juni 2015

7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula

Baca bukunya Dewa Eka Prayoga, setiap tulisannya beliau, ngga bisa berhenti baca sampai lembar terakhir, sampai-sampai dibawa kemana-mana ni buku... ke setiap sudut ruangan yang ada di rumah... termasuk itu.. tuh... ;) benar-benar buku gendeng bin crazy



Buku akan Saya koleksi di perpustakaan pribadi Saya, untuk pengingat atau self reminder berjalan makanya Saya tulis di blog Saya, Saya berharap anak Saya membaca semua tulisan Saya disaat dia besar nanti dan menjadi pengusaha dan orang yang berguna bagi sesama. Aamiin yra...

Langsung ke resume dan hasil ringkasan Saya, kalau buku aslinya dapat dibeli langsung search aja di google ya... (Saya ngga jual atau jadi reseller) tetapi karena worthy untuk ditulis so, here you go....

Sesuai judulnya ada 7 kesalahan fatal, kalau ada kesalahan diluar itu berarti tidak termasuk fatal.. hehehehe berikut kesalahan fatal pengusaha yang harus diperhatikan.

1. Asal action tanpa pengetahuan dan tanpa mentor.
hahaha.. ini Saya banget, setiap ada peluang coba, berjualan tanpa perencanaan dan terkadang tanpa berpikir panjang, intinya kayaknya bagus nih, yukk ahh dicoba setelah 2 atau 3 bulan bosan karena dipikir-pikir kok boom nya cuman dua bulan pertama saja.

2. Ikut-ikutan
Banyak pengusaha ikut-ikutan karena melihat orang lain sukses, padahal orang lain sukses karena dia sudah mempelajari market dan strategi, kalau kita hanya sebatas ikut-ikutan yah monggo dicoba, kalau Saya mah ngga mau....

3. Gampang percaya
Nah ini Saya juga.... Plaaakkk ( berasa digampar deh) seperti yang dikatakan oleh Ipho Santosa bisnis itu kalau tidak menipu ya ditipu, dalam team ada 4 sosok yang dapat menipu dan patut diwaspadai yaitu : tim, karyawan, partner bisnis dan customer jadi berhati-hatilah terhadapt empat hal tersebut yang berhubungan dengan bisnis Anda.

4. Ingin cepat
Bisnis yang baik adalah bisnis yang melalui tahapan proses seperti bayi ada tahapan dari merangkak sampai dengan berlari, Sah-sah saja jika bisnisnya ingin kelihatan woww dalam waktu singkat misalnya langsung punya karyawan, mobil dan renovasi kantor secara wah-wah an padahal bisnis yang baik perlu minim pengeluaran maksi pemasukan agar bisa growth. ( manggut-manggut tanda setuju)

5. Banyak gaya
Membeli kemewahan dengan uang perusahaan, sehingga laba yang ada hanya ada diatas kertas saja, kalau mau belilah kemewahan dengan uang pribadi.

6. Mudah hutang
ada project tidak ada dana langsung memutuskan pinjam bank atau lebih parah pinjam renternir seharunya diupayakan untuk mencari sumber yang minim resiko seperti ke keluarga atau teman dahulu kalau perlu ajak mereka bekerja sama, jadi sama-sama diuntungkan jangan tamak.

7. Buta financial
Yahh kebanyakan pengusaha sangat merasa tidak perlu dan enggan membaca laporan keuangan, padahal di laporan keuangan tersebut tercermin kondisi perusahaan sedang dalam kondisi baik, hati-hati atau waspada.

Semoga bermanfaat, karena Saya membaca buku ini merasa benar-benar penting jadi Saya catat point-point pentingnya untuk pengingat jangan sampai Saya mengulangi kesalahan fatal pengusaha. Terutama gampang percaya dan ingin cepat Saya banget diihitung-hitung sudah 4 bisnis Saya gagal karena mudah percaya itu... Mulai sekarang Saya tidak mau mudah percaya!

Bagaimana dengan Anda ??

Share jika dirasakan bermanfaat ya... thanks sudah mampir di blog Saya...





Tidak ada komentar:

Posting Komentar