Selasa, 07 April 2015

Mengenal Letter of Credit (L/C)

Kebijakan baru dari pemerintah Indonesia berlaku per tanggal 01 April 2015 semua kegiatan export mineral, CPO, CPKO, Coal, Oil & Gas  yang sesuai dengan keputusan Kementrian Perdagangan sesuai detail disini  dari Indonesia ke luar negri wajib menggunakan L/C.

Buka-buka catatan, klik-klik browser, dan perlu dibaca walau rumit sangat penting untuk dipahami.

PENGERTIAN L/C

Transaksi perdagangan ekspor-impor pada dasarnya dapat dilakukan denganatau tanpaL/C, namun karena L/C melindungi kepentingan kedua belah pihak, eksportir dan importir, di mana bank ikut terlibat dan mengurangi resiko tertentu maka transaksi dengan L/C lebih disenangi. L/C memegang peranan penting dalam perdagangan intr­nasional dan akan terus merupakan instrumen yang paling ampuh dalam jasa-jasa perbankan. Penggunaan L/C ini sejak Perang Dunia I sampai sekarang masih terus dipertahankan dan digunakan sebagai instrumen yang tradisional dalam transaki-transakiperdagangan luar negeri. Faktor-faktor yang menjadi dasar terus berkembangnya peng­gunaan L/C tersebut antara lain adalah adanya pengekangan/pengawasan devisa dibeberapa negara, ketidakpastian site ini perekonomian dan diperlukannya suatu cara,bagi eksportir untuk melancarkan pembayaran barang-barang ekspornya. Walaupunada perbedaan-perbedaan bahasa, adat kebiasaan dan prosedur, tetapi L/C tidak mengenal perbedaan-perbedaan itu.

Banyak perusahaan yang mengakui bahwa L/C merupakan bantuan untuk pengelolaan keuangannya, baik untuk arus Kas (cashflow) perusahaan maupun untuk peningkatan perdagangan multilateral.Pada umumnya L/C ini digunakan sebagai alat pembayaran jangka menengah yang merupakan pembayaran secara tunai atau cicilan saat penyerahan barang. Lebih lanjut berbagai negara dalam usaha meningkatkan transaksi-transaksi ekspor melalui badan-badan pengembangan ekspor bekerja sama denganbadan-badan asuransi telah mengembangkan pemanfaatan L/C ini dalam bentukfasilitas-fasilitas dan prosedur-prosedur barudengan pembiayaan jangka pendek dan panjang.
Berbagai negara industri juga telah mengembangkan prosedur kreditpembeli(buyer's credit) yang merupakan kewajiban bank untuk membayar kepada penjual(eksportir) atas nama pembeli (importir) sebagai pengganti dokumen-dokumen yangdinyatakan dalam perjanjian yang bersangkutan.

DILIHAT DARI SEGI PENGGUNAANNYA L/C DAPAT DIBEDAKAN  :

  1. Documentary L/C (Documentary Credit)
  2. Standby L/C
  3. Documentary L/C yang kadang-kadang juga disebut Commercial atau Merchandise L/C dan nama-nama lain, merupakan L/C yang berdokumen dan mena­ngani pergerakan-pergerakan dari barang-barang ekspor-impor. Oleh karena itu, jenisL/C inilah yang akan dipentingkan pembahasannya dalam untuk transaksi ekspor-impor .
  4. Apabila tidak berdokumen maka L/C tersebut disebut Clean L/C yang salah satu contohnya adalah Standby L/C, Standby L/C merupakan L/C yang khusus digunakan sebagai suatu yang "standby" (L/C yang tersedia untuk langsung dibuka sebagai jaminan) untuk dimanfaatkan bilamana perlu untuk membayar seorang beneficiary atau bank atas nama nasabahnya. Bilamana nasabah bank gagal melakukan kontrak atau memba­yar pinjaman atau cicilan-cicilan hutang yang diperjanjikan, maka dengan adanya L/C tersebut bank akan membayar beneficiary apabila sesuai dengan dasar wesel atau syarat-­syarat standby L/C tersebut.

ISTILAH DAN DEFINISI L/C
Letter of Credit (L/C) yang juga umum dikenal dengan "Documentary Credit"(kredit berdokumen) sifatnya unik.Berbagai istilah digunakan untuk Letter of Credit,tergantung pada kebiasaan Negara/Bank yang mengeluarkan instrumen tersebut. Istilah manapun yang digunakan sebenarnya tidak perlu dipusingkan karena pada hakikatnya semuanya menyatakan instrumen yang sama. Ada yang menyatakanLetter of Credit dengan singkatannya saja yakni L/C, atau Commercial Letter of Credit, Documentary Credit, bahkan kadang-kadang "Credit" saja. Dernikian juga dalam kolom yang terdapat pada form instrumen L/C itu sendiri terdapat berbagai variasi penggunaan judul seperti"Commercial Credit" atau"Letter of Credit" atau"Documentary Credit" atau sama sekali tidak ada judul.

Di Amerika Serikat Misalnya,orang lebih condong menggunakan istilah Commercial Letter of Credit dari pada Documentary Credit karena istilah yang disebut terakhir ini masih dianggap  lebih luas dari pada berbagai jenis documentary credit seperti Commercial Letter of Credit, Authority To Purchase, Authority To Pay, dan sebagainya.Com­mercial Letter of Credit menunjukkan alat bayar barang-barang yang dibeli dalam transaksi perdagangan internasional:
Authority To Purchase semata-mata menyatakan kerelaan bank pembeli untuk membayar wesel penjual dengan harapan pembeli akan membayar wesel pada saat jatuh tempo dan Authority To Pay menunjukkan bank ber­tindak berlasarkan kuasa membayar yang diberikan oleh  pembeli kepada pe­megang wesel, yaitu pembeli.
Istilah L/C tersebut tidak lain mencerminkan pengertian akan pentingnya peng­gunaan L/C oleh bank sebagai alat yang mampu untuk membiayai penyerahan barang-­barang dagang. L/C tersebut memberikan dua kepastian yakni mekanisme pembiayaandan hubungan antara perkembangan-perkembangan, variasi-variasi dalam L/C dengan perkembangan-perkembangan atau variasi-variasi dalam mekanisme komersial untuk mana L/C tersebut secara khusus diciptakan guna memudahkannya. Dalam penggunaan L/C maka bank dapat memenuhi permintaan-permintaan pembiayaan  yang bermacam-macam dengan syarat-syarat yang dapat disesuaikan. Oleh karena itu, L/C tersebut bersifat luwes dan dapat disesuaikan dengan berbagai macam gabungan teknik pembiayaan.
Sebagaimana telah dijelaskan di atas, diperlukannya suatu instrumen atau alat yang melindungi penjual (eksportir) dan pembeli (importir) dari risiko tidak dipatuhinya kewajiban-kewajiban yang dipersyaratkan kedua belah pihak, menyebabkan dikeluarkan­nya instrumen Letter of Credit olehBank. Maka sebuah Letter of Credit (L/C) di­definisikan sebagai sebuah instrumen yang dikeluarkan oleh sebuah bank atas nama salah satu nasabahnya, yang menguasakan seseorang atau sebuah perusahaan penerima instrumen tersebut menarik wesel atas bank yang bersangkutan atau alas salah satu bank korespondennya bagi kepentingannya berdasarkan kondisi-kondisi / persyaratan -persyaratan yang tercantum pada instrumen tersebut.

Definisi lain dalam arti yang lebih luas, adalah suatu pernyataan yang dikeluar­kan oleh suatu bank untuk mempertaruhkan credit(tingkat kepercayaan) akan dirinya yang telah cukup dikenal baik, sebagai pengganti credit terhadap importir tersebut, yang mungkin baik juga tetapi tidak begitu dikenal.

Dalam publikasi terbitan ICC dinyatakan bahwa documentary credit adalah perjan­jian tertulis dari sebuah bank (issuing bank) yang diberikan kepada penjual (benefi­ciary, exportir) atas permintaannya dan sesuai dengan instruksi-instruksi dari pembeli (applicant) untuk melakukan pembayaran yakni dengan cara membayar,  mcngaksep atau menegosiasi wesel sampai jumlah tertentu dalam jangka waktu yang ditentukan dan atas dokunten-dokumen yang ditetapkan.Dengan singkat Letter of Credit adalah suatu perjanjian membayar bersyarat dari bank.

TUJUAN DAN FUNGSI L/C

L/C pada umumnya cenderung ditujukan untuk kepentingan eksportir dan akibatnya eksportir akan mendesak importir agar menerbitkan L/C guna kepentingan­nya sebelum pengapalan barang terjadi. L/C dapat dikeluarkan oleh pedagang importir sendiri(merchant's L/C) tetapi mengingat risikonya, lebih lazim dikehendaki L/C yangdikeluarkan bank(banker's L/C).

Dari sudut pandangan importir, L/C yang ia minta untuk diterbitkan oleh sebuah bank tertentu adalah import credit (outward credit) dan biasanya L/C tersebut diumpama­kan demikian oleh importir dan bank penerbit L/C(opening/issuing bank).

Sebaliknya dari sudut pandangan.advising bank yang meneruskan L/C tersebut ke­pada eksportir atau melakukan pembayaran/bertindak sebagai negotiating bank, L/C ter­sebut dinamakan export credit (inward credit).

Penggunaan istilah export credit dan import credit ini sebaiknya tidak digunakan supaya jangan sampai membingungkan, karena sebenarnya perbedaan nama atau sebut­annya hanya dilihat dari sudut pandangan pihak yang menggunakan L/C tersebut.

Berdasarkan L/C maka bank-bank yang terlibat setuju mengadakan pembayaranatas dokumen-dokumen yang diserahkan bila menurut pengarnatannya telah memenuhi persyaratan-persyaratan L/C. Bank sama sekali tidak terikat dan tidak punya kepenting­an atas kontrak mana barang-barang dikapalkan.

Bilamana barang-barang yang dikapalkan tersebut ternyata salah atau lebih rendah mutunya akan tetapi dokumen-dokumen yang bersangkutan memenuhi syarat, maka importirlah yang bertanggung jawab atas pembayarannya kendatipun dokumen-doku­men tersebut telah dipalsukan.

Bisa juga terjadi bahwa importir menerima barang-barang yang tidak sesuai denganyang diminta tetapiia terpaksa harus membayarnyajuga. Untuk mencegah kerugian-kerugian tersebut importir dapat menggunakan berbagai pilihankemungkinan langkah-­langkah yang dapat dilakukannya pada saat proses penanganan L/C tersebut.

PIHAK-PIHAK YANG TERLIBAT DALAM L/C

1. Pihak langsung
     
     a. Pembeli
  • Disebut jugaapplicant/account party, accountee/importir/buyer.
  • Pihak yang memohon pembukaan L/C dari bank.
  • Kredibilitasnya harus memuaskan dalam pertimbangan-pertimbangan bank.  
     b. Penjual
  • Disebut jugabeneficiar /party to be paid/exporter/seller/shipper.
  • Pihak kepada siapa L/C diterbitkan/diperuntukkan.
  • Pihak yang memenuhi syarat L/C yang diterima dan menyerahkan dokumen-dokumen kepada bank pembayar
     c. Bank pembuka/penerbit L/C
  • Disebut juga opening bank/issuing bank/importer bank.
  • Bank pembeli yang membuka/menerbitkan  L/C kepada beneficiary, biasanya melalui perantara bank di Negara beneficiary.
  • Yang memeriksa dokumen-dokumen untuk memastikan kecocok­annya dengan syarat-syarat L/C.
  • Yang mengatur pembiayaan transaksi-transaksi bilamana diminta.
  • Yang melepaskan dokumen-dokumen L/C kepada pembeli dan meminta pembayaran dari/mendebit rekening pembeli.
     d. Bank penerus L/C
  • Disebut juga advising bank/seller's bank/foreign correspondent bank.
  • Bank yang memberitahukan/mengadviskan/meneruskan L/C dan menegaskan kebenaran/otentikasi dari L/C tersebut kepada eks- portir tanpa disertai kewajiban lain.
  • Bank ini dapat juga dimungkinkan sebagai paying bank atauconfirming bank, bahkan sebagai issuing bank dalam hal ber­beda dengan opening bank.
     e. Bank yang menegaskan/menjamin  Pembayaran atas L/C
  • Disebut juga confirming bank/foreign corespondent bank.
  • Bank kedua, biasanya advising bank yang bertindak sebagai confirming bank, yakni menegaskan kepada beneficiary/eksportirbahwa L/C tersebut otentik dan bilamana importir atau opening bank tidak melakukan pembayaran maka bank kedua ini akan membayarnya.
  • Jadi confirming bank ini menambahkan kewajibannya terhadap kewajiban opening bank.
     f. Bank pembayar
  • Disebut juga paying bank.
  • Bank yang namanya disebutkan dalam L/C sebagai pihak yang melakukan pembayaran kepada beneficiary/eksportir asalkan dokumen-dokumennya sesuai dengan syarat-syarat L/C.
     g. Bank yang menegosiasi
  • Disebut juga negotiating bank.
  • Bank biasanya namanya, tidak disebutkan dalam L/C, yang menyetujui untuk membeli wesel(draft) dari beneficiary/eksportir.Beneficiary/eksportir dapat menegosier weselnya kepadabank­lain yang berbeda dari paying bank yang tercantum dalam L/C.
  • Walaupun kekuatan hukum dari bank lain tersebut agak berbeda bilamana kelak ada masalah dipengadilan.
  • Yang membayar beneficiary/eksportir dengan segera dan biasa­nya dengan "recourse" (hak regres/dapat meminta ganti pem­bayaran kembali bilamana ada masalah).
  • Atas pembayaran kepada beneficiary eksportir maka negotiating bank selanjutnya meminta pembayaran dari opening bank.
      h. Bank yang diminta mengganti pembayaran (me-reimburse)
  • Disebut jugareimbursing bank.
·         Bilamana antar bank eksportir dan bank importir tidak ada hubungan rekening maka untuk penyelesaian pembayarannya biasa­nya ditunjuk bank ketiga yang disebut reimbursing bank.

2. Pihak-pihak tidak langsung
     a. Perusahaan pelayaran/perkapalan
  • Menerima barang-barang dagang dari shipper/eksportir/freight forwarder dan mengatur pengangkutan barang-barang tersebut.
  • Menerbitkan Bill of Lading (B/L) atau Surat Bukti Muat Barang.
     b. Bea dan Cukai/Pabean
  • Bagi importir, bertindak sebagai agen dan akan memberikan izin untukpelepasan barang-barang bilamana dokumen B/L, atau di Indonesia di­tambah P.P.U.D., menunjukkan telah dilakukan pembayaran.
  • Bagi eksportir, pihak yang meneliti dokumen serta pembayaran pajak dan memberikan izin barang untuk dimuat di kapal.
      c. Perusahaan Asuransi
  • Yang mengasuransi barang-barang yang dikapalkan sesuai nilai yang di­syaratkan.
  • Yang mengeluarkan sertifikat/polis asuransi untuk menutup risiko yang di­kehendaki.
  • Yang menyelesaikan tagihan/tuntutan kerugian-kerugian, bila ada.
      d. Badan-badan Pemeriksa atau SGS/perwakilan indonesia (khususIndonesia)
  • Yang ditunjuk pemerintah/yang berwenang dalam pemeriksaan mutu, jenis, jumlah barang dan sebagainya.
  • Yang ditunjuk khusus oleh pemerintah untuk memeriksa kebenaran ba­rang-barang impor di Negara asal impor barang, dan barang-barang ekspor tertentu di Negara tempat tibanya barang dengan penerbitan Surat Lapor­an Pemeriksaan (LKP). Keharusan pemeriksaan yang disyaratkan dengan menyampaikan LKP tersebut kepada bank devisa di Indonesia dimaksud untuk memungkinkan pembayaran pajak-pajak ekspor/impor dan sertifikat ekspor (SE).
       e. Badan-badan Penelitian lainya
  • Yang ditunjuk pemerintah untuk mengeluarkanSurat-Surat keterangan/sertifikat lainnya bagi barang-barang yang diperdagangkan.

JENIS-JENIS L/C YANG UMUM

1. REVOCABLE L/C

L/C ini dapat ditarik kembali (revocable) dan tidak mengikat pihak mana pun. Oleh karena itu, L/C ini mengandung resiko sebab sewaktu-waktu pada saat barang di dalam perjalanan atau sebelum dokumen diajukan atau walaupun dokumen telah diajukantetapi belum diadakan pembayaran, dapat diubah atau dibatalkan sepihak tanpa pe­ngetahuan pihak lain. pihak penjual/eksportir kemungkinan menghadapi masalah untuksegera memperoleh pembayaran dari pembeli (importir) sedang sebaliknya pada pihak pembeli (importir), L/C ini akan memberikan kelonggaran karena dapat diubah atau di­batalkan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada penjual (eksportir).
Jadi pada dasarnya bilamana L/C dibatalkan, maka penjual/eksportir tidak dapat melakukan apa-apa sebab yang terlibat hanyalah pembeli (importir/pemohon L/C) dan bank pembuka L/C (opening bank).
Dalam form L/C ini menunjukkan sifatnya yang revocabledari kalimat:
- This advice is subject to revocation or modification, with or without a notice to you, at any time before or after presentation to us of the drafts and do­cuments.
 (Advis ini dapat dicabut atau diubah, dengan atau tanpa pemberi­tahuan terlebih dahulu pada Saudara setiap saat, sebelum atau setelah pe­nyerahan wesel-wesel dan dokumen-dokumen yang bersangkutan pada kami)
Juga oleh kalimat:
"This is solely an advice of a revocable credit ..............  etc. "
(Ini sernata-mataadalah sebuah advis L/C yang dapat dicatat/ditarik ..........dan sebagainya).

2. IRREVOCABLE L/C
Dalam L/C ini bank pembuka L/C menyatakan janji yang tidak dapat ditarik kem­bali untuk membayar ataumengaksep wesel yang diajukan dengan dokumen-dokumen yang sesuai dengan syarat-syarat L/C. L/C ini dapat diubah/dibatalkan hanya dengan persetujuan pihak-pihak yang berkepentingan. Bagi importir L/C ini dirasakan kurang luwes/longgar apabila sewaktu-waktu yang bersangkutan menginginkan perubahan-perubahan/pembatalan. Bagi eksportir ada jaminan akan diterimanya pembayaran namun tetap akan tergantung kepada perjanjian dengan bank eksportir yang bersangkutan.
Salah satu ciri yang menunjukan bahwa IRREVOCABLE L/Cadalah sebagai berikut:
We hereby agree with the arawers, endorsers and bonafide holders of drafts drawn under and incompliance with the terms of this credit, that the same shall be honored upon presentation and delivery of documents as specified above to the drawee if drawn and negotiated on or before May15, 1988
(Dengan ini kami setuju dengan para penarik, pengindorse dan pemegang yangsah atas wesel yang ditarik atas dan sesuai dengan syarat-syarat L/C ini, bahwawesel tersebut dibayar atas adanya penjualan dan penyerahan dokumen-doku­men sebagaimana diwajibkan di atas kepada si tertarik bilamana ditarik dan di­negosiasi pada atau sebelum tanggal 15 Mei 1988 )
jadi pembayaran langsung diadakan pada penyerahan wesel dan dokumen-dokumen L/C.

3. IRREVOCABLE CONFIRMED L/C
Dalam jenis L/C ini pihak-pihak yang terlibat adalah applicant (importir), issuing bank, beneficiary (eksportir),advising bank dan atauConfirming bank.
L/C ini menambah kewajiban bank kedua confirming bank atas perjanjian yang tidak dapat ditarik kembali oleh bank pertama, bank pembuka L/C(issuing bank).

Ciri dari  L/C Irrevocable confirmed seperti kalimat dibawah ini:
We confirm the credit and hereby undertake that all drafts drawn and present­ed as above specified will Be duly honored
(Kami memberi konfirmasi atas L/C tersebut dan dengan ini berjanji bahwa semua wesel yang ditarik dan diaju­kan sebagaimana diuraikan di atas akan dibayar pada waktunya).
Juga kalimat di bawah ini salah satu yang menunjukan bahwa ini adalah L/C yang irrevocable confirmed dapat:
This credit bears our confirn. lion and we engage that documents presented for pryment in conformity will the terms of this credit will be duly paid on presentvion.
(L/C ini mengandung informasi kami dan kami mengikatkandiri untuk, melakukan pembayaran pada waktunya atas dokumen-dokumenyang diajukan sesuai dengan syarat-syarat L/C).

L/C ini adalah "at sight", yakni pembayaran dilakukan pada saat penyerahan do­kumen-dokumen yang sudah lengkap.Jadi L/C ini selain diadviskan/diteruskan kepada eksportir juga di konfirmasi(confirmed) dan advising bank dapat bertindak sekaligus jadi confirming bank. Bila tidak bank lain bisa dilibatkan sebagai confirming bank, yakni bank yang mengikatkan diri untuk turut menjamin dibayarnyaL/C tersebut sesuai syarat-syarat L/C.

Dengan L/C ini maka eksportir mendapat perlindungan akan pembayarannya dari2 bank dan walaupun issuing bank tidak dikenal/d iragukan bonafiditasnya namundengan adanya confirming bank, yang biasanya bank-bank besar yang sudah terkenal dan kuat keuangannya, maka pembayaran tetap terjamin. Biasanya QC dengan syarat "confirmed irrevocable" ini diharuskan bilamana issuing bank belum dikenal atau masih non-koresponden dari paying/negotiating bank. Bagi importir, permintaan eksportiruntuk syarat L/C "confirmed" ini akan menambah ongkos sebab bank akan membeban­kan biaya konfirmasi (confirmation fee).

4. IRREVOCABLE UNCONFIRMED L/C
L/C ini sama dengan Irrevocable L/C biasa kecuali bahwa L/C ini diadviskan melalui sebuah bank lain yang tidak menyatakan tambahan penanggungan kewajiban apa punatas L/C tersebut. Kebanyakan L/C yang dibuka oleh bank besar diadviskan oleh bank-bank asing tanpa dikonfirmasi(becofirmed).Ini menunjukkan bahwa bank yang me­nerbitkan L/C tersebut telah cukup dikenal baik kredibilitasnya. Sebaliknya L/C dari bank-bank kecil/belum dikenal kredibilitasnya perlu dimintakan L/C-nya dikonfirmasi oleh bank lain yang sudah dikenal baik.
Dalam L/C ada kalimat yang menunjukkan bahwaL/C Irrevocable unconfirmedadalah kalimat:
This is solely an advice of on irrevocable credit opened by the above mentioned correspondent and conveys no engagement by us.
(Ini semata-mata adalah se­buah advis L/C irrevocable yang dibuka oleh koresponden yang disebut di atas dan tidak mengikat kami)
Pembayaran Wesel L/C ini adalah "ac sigat", yakni pembayaran akan dilakukan oleh Union Bank Commercial L/C Dept. atas dasar penyerahan dokumen-dokumen L/C yang sesuai dengan ketentuan dalam L/C dan wesel yang bersangkutan.

JENIS-JENIS L/C YANG KHUSUS

Atas dasar keempat L/C yang disebut di atas terdapat beberapa, variasi jenis L/C yang lazim dikenal yang terdiri dari:

1. Revolving L/C

Pada umumnya L/C komersial sudah berakhir segera setelah keseluruh  nilainyahabis terpakai. Akan tetapi beberapa L/C dibuka sedemikian rupa agar setiap saat di­adakan penarikan, L/C tersebut otomatis kembali berlaku dengan jumlah yang sama dan dengan demikian selalu dapat tersedia sebuah L/C sebesar nilai yang sama.

Jadi sebuah "revolving L/C" adalah suatu L/C yang berdasarkan syarat-syaratnya jumlahnya diperbaharui atau dinyatakan berlaku kembali secara otomatis tanpa memer­lukan perubahan.khusus pada L/C tersebut. L/C ini dapat "Revocable" atau "Irrevocable" dan dapat berlaku kembali dalam kaitan “Jangka waktu" atau "nilai L/C". Bilamana misalnya yang diperlakukan kembali berkaitan dengan waktu, misalnya tersedia sampai jumlah US$10,000 per bulan selama jangka waktu tertentu, misalnya 6 bulan, maka dalam waktu 6 bulan L/C tersebut otomatis tersedia sebesar US$10,000 setiap bulan tanpa memandang apakah telah ada suatu jumlah ditarik selama bulan sebelumnya. 

Dikaitkan dengan jumlah atau nilai L/C, maka penggunaan revolving ini dapat bersifat “kumulatif” atau “non kumulatif” maka setiap jumlah L/C yang tidak dipergunakan didalam setiap periode tidak boleh dihimpun pada periodde berikutnya, sehingga sisa yang ada menjadi batal. Oleh karena itu, revolving L/C yang non kumulatif harus dilaksanakan di dalam setiap periode secara tegas.

L/C ini dinyatakan otomatis dapat berlaku kembali (revolving) hanya setelah dokumen-dokumen L/C diterima oleh issuing Bank.Agar dapat lebih mudah diawasi, maka perlu ditentukan jumlah keseluruhannya dapat ditarik atas L/C tersebut.

L/C Revolving sebagaimana dalamRevolvingyangmenunjukkan sifat Revolving dari kalimat sebagai berikut:

This letter of credit is revolving to the extent that the amount drawn by you not exceeding US $300,200 may become available to you again but only upon receipt by you of our formal advice of reinstatement. Total drawings under this credit are not to exceed US $900,600

(L/C ini adalah "revolving" dengan pembatasan bahwa jumlah yang Anda tarik tidak melebihi US $300,200 danakan tersedia untuk Anda lagi hanya setelah Anda terima pemberitahuan pene­gasan secara resmi dari kami. Jumlah penarikan-penarikan atas L/C ini tidakmelebihi US$900,600).

2. Red Clause L/C
Adakalanya saat di mana seorang pembeli ingin memberikansejumlah pembayaran di muka atas suatu L/C kepada beneficiary (eksportir) sebelumdiajukannya dokumen-dokumen. Dalam situasi demikian maka pada L/C tersebutdicantumkan klausula khusus yang disebutRed Clause. Disebutkan Red Clause karenapada hakikatnyaklausuladitulis dengan“tinta merah”untuk menarik perhatian atas keunikan sifat L/C ini.
Red Clause ini menguasakan advising, negotiating atau confirming bank untukmemberikan pembayaran di muka kepada beneficiary (eksportir) sebelum pengajuandokumen-dokumen.Red Clause tersebut dicantumkan pada L/C berdasarkan permintaan khusus dari applicant (importir) dan redaksi kata-katanya tergantung kepada permintaan-permintaannya.
L/C semacam ini sering digunakan sebagai suatu cara untuk menyediakan dana bagipenjual (eksportir) sebelum pengapalan dilakukan. Oleh karena itu, L/C ini berguna se­kali bagi para perantara-perantara dan perdagangan di daerah perdagangan yang memerlu­kan suatu bentuk fasilitas pre-financing (pembiayaan sebelum mengekspor), di manapembeli tertentu bersedia memberikan izin-izin atau kelonggaran-kelonggaran khususdengan cara pembiayaan demikian.
L/C ini banyak digunakan oleh importir wol di Inggris untuk memungkinkaneksportir wol di Australia memperoleh dana untuk membayar supplier wol yang sebenarnya di Australia.
Di dalam L/C Red Clause jelas menunjukkan sifat "Red Clause" adalah dari kali­mat-kalimat berikut:
State Liberty Bank (Korea) is hereby authorized to make advances to you to the extent of US$15,000 (fifteen thousand U.S. dollars) or the unused balance of this credit, whichever is less, against nst your receipt for the amount advance etc. We here byundertake the payment of such advances, with interestunder withdrawals nder this credit, should they not be repaid to said bank by you on or before the latest date for negotiation.
[State Liberty Bank (Korea) de­ngan ini dikuasakan untuk memberi panjak pembayaran kepada Anda sampaisejumlah USS15,000 (lima belas ribu US dolar) atau sisa L/C yang tidak di­pakai, yang mana di antaranya yang lebih kecil, berdasarkan adanya tandaterima Anda atas jumlah yang dibayar terlebih dahulu dan seterusnya.Dengan ini kami menjamin pembayaran panjak-panjak dengan bunga sebagaiakibat penarikan-penarikan berdasarkan L/C ini, apabila tidak dibayar kembali oleh bank tersebut kepada Anda pada atau sebelum tanggal negosiasi berakhir] .

3. Transfer L/C
L/C ini disebut "transferable" karena dapat dipindahkan atau dialihkan dari bene­ficiary asal/pertama kepada satu atau beberapa beneficiary yang lain. L/C hanya dapat diterbitkan oleh bank sebagai "transferable L/C" bilamana ada intruksi khususdari applicant L/C (importir) tersebut.Ini berarti bahwa pada formulir permohonanpembukaan L/C dan pada L/C itu sendiri tercantum jelas bahwa L/C tersebut dapatdipindahkan/transferable.
Jenis L/C ini hanya dapat ditransfer sekali yang berarti bahwa beneficiary keduatidak boleh memindahkannya lagi ke beneficary ketiga kecuali ada pernyataan lainyang jelas tercanturn di dalam L/C tersebut.
Syarat-syarat transfer (pengalihan) L/C tersebut haruslah  dilakukan sesuai dengan L/C yang asli, dengan pengecualian hal-hal berikut:
  1. Nama dan alamat beneficiary pertama dapat menggantikan nama applicant dari L/C (importir) tersebut.
  2. Nilai L/C dan setiap harga unitnya dapat dikurangi dalam L/C untuk yang di­alihkan agar dapat memberikan margin (keuntungan) bagi beneficiary pertama.
  3. Masa berlakunya L/C dan jangka waktu pengapalan dapat diperpendek.
  4. Beneficiary kedua tidak mempuyai hak untuk mengalihkan bagian L/C yangditeruskan kepadanya.
Setelah menerima bagian L/C yang dialihkan, beneficiary kedua dapat menyerah­kan dokumen-dokumen pengapalannya sesuai dengan syarat-syarat L/C kepada advisingbank untuk menerima pembayaran, negosiasi atau akseptasi. Advising bank dapatmembayar, negosiasi atau aksep dengan caramenyelesaikannya dengan beneficiarykedua, dan akan memberitahukan kepada beneficiary pertama bahwa bank tersebutmemegang dokumen-dokumen beneficiary kedua. Beneficiary pertama berhak menggantikan invoice beneficiary kedua dengan invoicenya sendiri, namun apabila advising bank tersebut tidak menerima invoice beneficiary pertama tersebut dalam jangka waktu yangwajar setelah diminta, maka advising bank dapat meneruskan dokumen-dokumen ter­sebut termasuk invoice beneficiary kedua langsung kepada issuing bank dan berhakuntuk mendapat reimbursement untuk pembayaran-pembayaran yang telah diberikan kepada beneficiary kedua.

Jenis L/C ini lazim digunakan oleh eksportir atau  oleh importir yang sedang melakukan perjalanan-perjalanan.
Dalam hal L/C yang digunakan oleh eksportir, beberapa variasi penggunaannya dapat dengan kondisi sebagai berikut:
  1. Eksportir tidak sama dengan/bukanlah supplier (sama dengan back to back L/C) Eksportir tidak mempunyai dana untuk membayar supplier (sama dengan back to back L/C).
  2. Importir dan supplier saling kenal dan mengetahui harga penjualan, dan setuju eksportir bertindak sebagai perantara yang memperoleh komisi sebagai agen atau sebagai pihak yang berdiri sendiri yang mencari untung dari jasa-jasa yang diberikannya seperti pengapalan barang-barang, pengepakan, asuransi dan lain-lain.Atau importir dan supplier tidak saling kenal akan tetapi importir mengetahui bahwa supplier bukanlah eksportir.

Atau bila banyak yang menjadi supplier.
Penggunaaa L/C ini oleh importir dilakukan pembeli/importir yang bepergian ke luar negeri untuk melihat barang dan mengadakan pembelian-penibelian. Pembeli tersebut akan membawa L/C yang transferable dalam perjalanan tersebut dan bila ada pembelian-pembelian maka sebagian dari L/C tersebut akan dipindahkan kepada penjual.

Dalam L/C ini klausul yang menjelaskan bahwa sifatnya transferable adalah kalimat berikut ini:
This Letter of Credit is transferable, however, no transfer shall be effectiveunless in the form as per specimen attached and notice of transfer endorsed hereon by us and our customary charges therefore Paid.
(L/C ini dapat dipindahtangankan, akan tetapi pemindahan tidak akan efektif kecuali dalambentuk seperti specimen terlampir yang pemberitahuan pemindahannya telah kami endorse dan pembebanan-pembebanan kami yang lazim telah dibayar).

4. Back to Back L/C
L/C ini lebih kompleks dad jenis L/C lain. Pada hakikatnya back to back L/C ini merupakan dua L/C yang identik, kecuali harganya dan tanggal pengapalan serta tanggal berlakunyaL/C.
jenis L/C ini umumnya digunakan dalam kondisi sebagai berikut:
  1. Eksportir bukanlah supplier barang barang ekspor.
  2. Eksportir tidak mempunyai dana untuk membayar supplier.
  3. Eksportir tidak ingin supplier mengetahui nama importir asli dan harga-harga barang yang sesungguhnya.
Oleh karena itu, haruslah dibuat dua L/C yang terpisah tanpa ada indikasi ke­pada importir asli bahwa L/C-L/C  tersebut berkaitan. L/C yang pertama atau L/C.
importir (master L/C) dibuka oleh importir di luar Negeri kepada eksportir melalui bank di Negara eksportir. Bank eksportir ini dapat bertindak sebagai advising bank atau con­firming bank.Berdasarkan pada L/C pertama tersebut eksportir dapat meminta bankeksportir untuk membuka L/C untuk keuntungan supplier.Dalam hal ini maka ekspor­tir menjadi pembeli (account party) dan supplier menjadi beneficiary.

Dalam membuka L/C yang kedua maka bank pembuka yakni bank eksportir harus­lah yakin bahwa syarat-syarat dari kedua L/C tersebut harus seidentik mungkin. Jadi jelasnya perbedaan-perbedaan yang, yakni:                     
  • Account party
  • L/C I
  • L/C II
  • Beneficiary
  • Importir
  • Eksportir
  • Jumlah (harga)
  • Eksportir
  • Supplier
  • Tanggal pengapalan
  • lebih tinggi
  • akan lebih cepat
  • berlakunya L/C beberapa hari.                               
Bank yang membuka L/C kedua tersebut haruslah dalam posisi menguasai seluruh transaksi yang ada.Bank tersebut harus meminta eksportir yang menjadi importir atas L/C kedua untuk mengisi formulir penyerahan yang menyatakan bahwa hasil penjualan berdasarkan L/C pertama haruslah diserahkan ke bank yang membuka L/C yang kedua. Oleh karena itu,bank tersebut haruslah yakin dan dapat memastikan bahwa pembayaran barang-barang akan diterima bank dari importir dan kemudian setelah mengadakan pem­bayaran kepada supplier dari penerimaan tersebut, sisanya akan diserahkan kepadaeksportir yang berupa keuntungan eksportir. Walaupun dalam transaksi dengan jenisL/C ini advising bank dapat saja dua bank yang berbeda, namun dalam prakteklebih banyak dilakukan dengan satu advising bank yang sama. Misalnya L/C dari Indonesia yang dibuka ke Hongkong, maka olch bank di Hongkong dibuka lagi L/C ke RRC ber­dasarkan L/Cinduk dari Indonesia tersebut.

5. Straight L/C
Sebuah Straight L/C akan berisi klausula seperti berikut ini:
We hereby engage with you that all drafts drawn underand incompliance with the terms of this credit will be duly honorred on delivery of documents as specified if presented at our counters on or before the expiration date indi­cated above.
(Dengan ini kami mengikatkan diri pada Anda bahwa semuawesel-weselyang ditarik atas dan sesuai dengan syarat-svarat L/C ini akan di­bayar pada waktunya setelah tibanya dokumen-dokumen seperti yang diperinci apabila diserahkan di"counter" kami pada saat atau sebelum tanggal jatuh tempo yang dinyatakan di atas).
L/C ini biasanya jatuh tempo di Negara bank pembuka L/C. Bank di Negara bene­ficiary (eksportir) dapat melakukan pembayaran lebih dahulu kepada beneficary (eks­portir) atau dapat juga menunggu sampai memperoleh reimbursement dari bank pem­buka L/C dan bank melakukan pembayaran kepada beneficiary (eksportir).karena L/C ini jatuh tempo di Negara bank pembuka L/C, maka bank bersedia memberikan fasilitas pembayaran terlebih dahulu kepada beneficiary (eksportir) tersebut dan biasa­nya karena ada hubungan rekening/pinjaman dengan beneficiary (eksportir). L/C Form 2.9. ini mengikat State Union Bank, New York, hanya apabila dokumen-dokumen, diajukan padanya secara langsung(straight)

6. Restricted L/C
Suatu L/C dinamakan "Restricted" bilamana penerusan dan atau pembayaran.L/C tersebut dibatasi hanya kepada Bank yang namanya tercantum dalam L/Cdi Negarabeneficiary.Jenis L/C ini biasanya digunakan bilamana beneficiary (eksportir) memper­oleh fasilitas pembiayaan yang berkaitan dengan L/C tersebut dari bank yang menego­sier L/C dimaksud.
Klausula Restricted L/C biasanya berbunyi seperti berikut:Negotiations tinder this credit are restricted to Bank. . .(Negosiasi-negosiasi atas L/Cini dibatasi pada Bank ...)
Dalam L/C diadviskan oleh State Union Bank, Korea, kepada eksportir(beneficiary) XYZ Trading Co. Ltd. di Korea atas instruksi Kantor Pusatnya di NewYork, yang membuka L/C ini untuk kepentingan importir ABC. Co, New York. L/C inidisvaratkan hanya dapat dinegosiasi oleh State Union Bank di Korea.L/C dibuat dalamformulir State Union Bank, New York.

7. Negotiable L/C
Suatu L/C disebut Negotiable bilamana beneficiary L/C tersebut dapat mengajukanwesel dan dokumen-dokumen L/C-nya ke bank mana saja yang ia pilih.
Negotiable L/C biasanya berisi klausula berikut:
This Letter of Credit is negotiable. In the event of. . . .etc. (L/C ini dapat diambil alih.Dalam hal dan seterusnya).
L/C ini biasanya jatuh tempo di Negara beneficiary Bank asing yang menegosiasi dokumen akan melakukan pembayaran lebih dabulu kepada beneficiary (eksportir)atau dapat juga menunggu dahulu pembayaran dari bank pembuka dan baru kemudian melakukan pembayaran kepada beneficiary.

Biasanya eksportir memilih bank-bank mana saja yang dapat memberikan pelayan­an yang lebih memuaskan, jadi tidak terikat padahak nya sendiri. Pada bank-bank diIndonesia, di samping faktor pelayanan yang baik dan cepat, juga faktor "rate" (kurs)dari US S atau valuta asing lainnya ke dolar rupiah merupakan pertimbangan.


23 komentar:

  1. Perhatian silakan !!! Anda membutuhkan pinjaman mendesak? dan menawarkan jaminan non pinjam biaya non dimuka pada bunga rendah dari 2%, semua yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan pinjaman Anda adalah untuk mendaftar dengan kami! hubungi saya via (maryannalfredo@outlook.com)

    BalasHapus
  2. Nama saya adalah Cynthia Johnson. kita hipotek, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman Hotel, tawaran komersial Umum Mr John Carlson, orang harus memperbarui semua situasi keuangan di dunia / perusahaan untuk membantu mereka yang terdaftar pemberi pinjaman uang pinjaman pribadi, kredit, kredit konstruksi, rendah suku bunga 2% dll kredit modal, pinjaman usaha dan pinjaman kredit buruk bekerja, start up. Kami membiayai proyek di tangan dan perusahaan Anda / mitra dan saya juga ingin menawarkan pinjaman pribadi untuk klien mereka. hubungi kami melalui e-mail untuk informasi lebih lanjut: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com.

    BalasHapus
  3. Hello Am Mrs, Morgan debra Am pemberi pinjaman pinjaman yang sah dan dapat diandalkan memberikan pinjaman
    pada syarat dan ketentuan yang jelas dan dimengerti pada tingkat bunga 2%. dari
    $ 12.000 untuk $ 7.000.000 USD, Euro dan Pounds Hanya. Saya memberikan Kredit Usaha,
    Pinjaman Pribadi, Pinjaman Mahasiswa, Kredit Mobil Dan Pinjaman Untuk Bayar Off Bills. jika kamu
    membutuhkan pinjaman apa yang harus Anda lakukan adalah untuk Anda untuk menghubungi saya secara langsung
    di: morgandebra1986@gmail.com
    Tuhan Memberkatimu.
    Salam,
    Mrs Morgan debra
    Email: morgandebra1986@gmail.com


    Catatan: Semua balasan harus kirim ke: morgandebra1986@gmail.com

    BalasHapus
  4. Memperhatikan semua pencari pinjaman !!
    Halo,

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan jenis pinjaman? Atau apakah Anda khawatir finansial ?. Apakah Anda memiliki utang untuk melunasi? Kami memberikan pinjaman untuk setiap bagian dari dunia. Suku bunga pinjaman kami adalah 3% per membatalkan dengan durasi dinegosiasikan terlepas dari Lokasi atau status kredit. Untuk mendapatkan pinjaman hari ini Hubungi kami melalui email Alamat Perusahaan di: klarabannyfinance@gmail.com

    CATATAN: Kami memberikan keluar minimal 500.00 US DOLLAR / EURO maksimum 50.000.000,00 US DOLLAR / EURO, dll Permintaan Kredit harus dinyatakan dalam dolar AS atau EURO, Dan setiap UANG digunakan lainnya.

    Pencari pinjaman yang tertarik untuk mengisi Out formulir Permohonan Pinjaman bawah Persetujuan ..

    (PEMINJAM INFORMASI)
    Nama Lengkap: ......................
    AGE .............................
    STATUS PERNIKAHAN ..................
    Kontak Alamat: ................
    Negara .........................
    Negara ........................
    Telepon: ..........................
    Email: ..........................
    Pekerjaan: .....................
    Pendapatan Bulanan: .........................
    Agama: ..............................
    Berikutnya Kin: .......................
    (INFORMASI LOAN)
    Jumlah Dibutuhkan sebagai Pinjaman: ..........
    Durasi Pinjaman: ..................
    Agunan: .....................
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya? ............
    Cara pembayaran: bulanan atau tahunan ...............
    Apakah Anda berbicara atau mendengar bahasa Inggris? ............

    Terima kasih karena kami menunggu respon cepat Anda

    Salam Hormat.
    Klara Banny
    M / D

    MEMBUTUHKAN KREDIT? Dapatkan Kembali Cepat Untuk Processment.

    BalasHapus
  5. Hubungi: klarabannyfinance@gmail.com: untuk pinjaman Anda saat ini, kami siap melayani Anda.

    APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN KREDIT? JIKA YA Email: klarabannyfinance@gmail.com: UNTUK KREDIT ANDA HARI INI, KITA DI LAYANAN ANDA.

    BalasHapus


  6. Kami menawarkan berbagai produk keuangan dan solusi di seluruh Afrika Selatan dan di seluruh benua Afrika dengan tujuan membantu orang yang tidak mampu untuk mendapatkan kredit dari rute keuangan tradisional. Saat ini kami mengkhususkan diri dalam pinjaman penjamin, keuangan jangka pendek, pinjaman tunai kredit buruk dan pinjaman pemilik rumah. Semua yang dapat diakses pada halaman produk kami. Terapkan dan mendapatkan didanai, lengkapi formulir aplikasi pinjaman online kami di: abdulhamidfinance@gmail.com

    BalasHapus
  7. Halo, ramadhan adalah di sini sudah tidak Anda berpikir itu adalah waktu untuk mendapatkan berkah dari Allah bisa conected hari ini dan Anda yakin akan bahagia dengan kasih karunia Allah.

    Nama saya adalah Cynthia Johnson. kita hipotek, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman Hotel, tawaran komersial Umum Mr John Carlson, orang harus memperbarui semua situasi keuangan di dunia / perusahaan untuk membantu mereka yang terdaftar pemberi pinjaman uang pinjaman pribadi, kredit, kredit konstruksi, rendah suku bunga 2% dll kredit modal, pinjaman usaha dan pinjaman kredit buruk bekerja, start up. Kami membiayai proyek di tangan dan perusahaan Anda / mitra dan saya juga ingin menawarkan pinjaman pribadi untuk klien mereka. hubungi kami melalui e-mail untuk informasi lebih lanjut: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  8. Halo Ibu dan Bapak

    Apakah Anda mencari pinjaman? , baik untuk bisnis atau untuk pelaksanaan peluncuran proyek, baik untuk membeli Anda apartemen atau membayar utang. Saya seorang pemberi pinjaman pribadi yang menawarkan jasa saya pinjaman antara individu swasta di bidang-bidang berikut:

    - PINJAMAN PRIBADI
    - REAL ESTATE LOAN
    - KPR LOAN
    - AUTO LOAN
    - PINJAMAN REDEMPTION OF DEBT
    - PINJAMAN MODAL KENAIKAN
    - PINJAMAN LAIN

    Tingkat bunga kami adalah 2%, Anda dapat menghubungi kami melalui email: mariamsuleimanloanfirm@gmail.com untuk pinjaman Anda hari ini.

    Ibu Mariam.

    BalasHapus
  9. JANGAN Anda Perlu pinjaman? atau butuh pinjaman untuk melunasi dept atau tagihan khawatir lagi, dan jika demikian, silahkan hubungi kami langsung di: jeffersoncarsonloanfirm@hotmail.com


    nama: ....
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: ...
    negara: ....
    negara: ...
    nomor telepon: .....

    CATATAN: SEMUA MAIL HARUS DIKIRIM KE EMAIL INI: jeffersoncarsonloanfirm@hotmail.com

    BalasHapus
  10. Halo, saya Mrs Jane Alison, sebuah pemberi pinjaman pinjaman swasta yang Memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana untuk individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman hari ini. Jadi hubungi kami hari ini via email di: (saintloans@hotmail.com)

    BalasHapus
  11. PENAWARAN PINJAMAN UNTUK SEMUA (DAFTAR SEKARANG)

    Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda di stres keuangan? Anda perlu Uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memiliki pendapatan rendah dan merasa sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Jawabannya ada di sini, Christiana Anderson Badan Kredit adalah jawabannya. kami menawarkan;

    a) pinjaman pribadi, ekspansi bisnis.
    b) Business Start-up dan pendidikan.
    c) konsolidasi utang.
    d) pinjaman Keras Uang.

    Namun, metode kami menawarkan kemungkinan untuk menunjukkan jumlah pinjaman yang dibutuhkan dan juga durasi Anda mampu untuk menyelesaikan pembayaran pinjaman dengan tingkat bunga 2%. Ini memberi Anda kesempatan nyata untuk mengumpulkan uang yang Anda butuhkan. Kandidat yang tertarik harus menghubungi kami melalui: angeladavidsloan@gmail.com

    BalasHapus
  12. Halo, saya Mr Stahl, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini oleh-
    Email: stahlchristianloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  13. Apakah Anda mencari pinjaman pribadi, Atau kau menolak pinjaman oleh bank. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2% bunga. Silahkan hubungi kami melalui email:
    specialgraceloanfirm@gmail.com

    terima kasih,
    Ibu Elizabeth Taylor

    BalasHapus
  14. Apakah Anda mencari pinjaman pribadi, Atau kau menolak pinjaman oleh bank. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2% bunga. Silahkan hubungi kami melalui email:
    specialgraceloanfirm@gmail.com

    terima kasih,
    Ibu Elizabeth Taylor

    BalasHapus
  15. Memiliki masalah meminjam uang dari Bank?
    Kami Dapat Bantuan Anda Mengatasi Masalah cepat dan lebih mudah pada tingkat 3% persen lebih untuk meningkatkan bisnis, dept belum dibayar atau sewa.
    Terapkan untuk pinjaman individu untuk Cepat, Mudah dan Pinjaman Tercepat untuk hanya 3% hanya dalam 48 jam ... Tidak ada pemeriksaan kredit atau sejarah kredit.

    Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana menerapkan dan mendapatkan pinjaman Anda, silahkan hubungi kami 24 jam melalui email --mortgagekapitalcredit@gmail.com
    (+ 1) 424-333-0545

    BalasHapus
  16. Aku sudah benar-benar menekan dan berada di begitu banyak rasa sakit setelah mengalami masalah pinjaman uang dari Bank ?. Setelah dibayar ribuan dolar untuk pemberi pinjaman kredit lainnya secara online dan mendapatkan tidak ada hasil sama sekali .. Ketika saya pikir saya wont pernah mendapatkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis saya, saya browsing di internet mencari bantuan ketika saya bertemu Mortgage Kapital Kredit.
    Saya menyadari saya benar-benar bisa mempercayai mereka untuk mendapatkan pinjaman baik untuk Cepat, Mudah dan Pinjaman Tercepat untuk hanya 3% hanya dalam 24 jam ... Tidak ada pemeriksaan kredit atau sejarah kredit .. saya ingin merekomendasikan Mortgage Kapital Kredit kepada siapa pun di butuhkan untuk Cepat, Mudah dan Pinjaman Tercepat untuk hanya 3% hanya dalam 24 jam .. Hubungi Mortgage Kapital Kredit 24 jam melalui email --mortgagekapitalcredit@gmail.com
    (+ 1) 213-533-9806

    BalasHapus
  17. Halo

    Aku Mr Alimin Muhammad pemberi pinjaman pinjaman muslin, saya CEO Alimin MUHAMMAD PERUSAHAAN PINJAMAN kami menawarkan pinjaman pribadi dan bisnis untuk mereka yang membutuhkan pinjaman aman tanpa penundaan Kami adalah 100% stres jaminan bebas pada tingkat bunga 3% HUBUNGI KAMI VIA aliminmuhammadloancompany@gmail.com Dan mendapatkan pinjaman Anda hari ini tanpa stres aliminmuhammadloancompany@gmail.com Balas

    BalasHapus
  18. Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Jika dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Jika Anda membayar tagihan atau utang untuk menyelesaikan, atau apakah saya perlu pinjaman untuk memulai bisnis yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan itu sulit bank lokal / modal mencari untuk mendapatkan kredit dari lembaga keuangan lain? Apakah Anda membutuhkan pinjaman atau pembiayaan untuk alasan apapun, jika Anda suka,

    * Kredit Kendaraan
    * Real Estat Pinjaman
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman Lainnya
    * Kredit
    * MasterCard

    Silahkan hubungi kami melalui e-mail: aceloancompany@gmail.com
    Catatan: Pinjaman memberikan tingkat bunga tahunan hanya 2%. Harap Anda akan diberikan kredit di negara manapun di dunia harus perumahan.

    Kebutuhan pelanggan, kita perlu memberikan informasi berikut untuk membuka file proses pemberian kredit.

    1. LENGKAP NAMA: ...............................
    2. ALAMAT: .............................. .. ...
    3. KERJA: .....................
    4. NEGARA: ........................
    5. KONDISI: ........................ ..
    6. Kota: ...........................
    7. SEX: ............................
    8. Umur ........................... ..
    9. PONSEL NOMOR: ............ ..
    10. JUMLAH KREDIT DIBUTUHKAN: ..........
    Penghasilan 11.Monthly ..................
    12.DURATION dari: ..................... ..
    13. PINJAMAN TUJUAN ...............

    Terima kasih atas kerja sama anda
    Ace Kredit Investasi.
    ALAMAT EMAIL: aceloancompany@gmail.com.

    BalasHapus
  19. Halo, nama saya Nofia, pagi korban penipuan dari tangan kreditur penipuan, saya menghabiskan lebih dari 56 juta di tangan pemberi pinjaman palsu, karena saya butuh modal besar dari 350 juta, saya hampir mati, tidak ada tempat untuk pergi, saya bisnis hancur dalam proses saya kehilangan anak saya. . Aku tidak tahan lagi .. semua ini terjadi November 2014 hingga Maret 2015, tidak semua sampai saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik Nyonya Diana yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik, saya ingin untuk menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu Anda, bahwa mereka banyak scammers luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin cepat mendaftar hanya melalui ibu Diana, melalui email. dianarobertloanfirm@consultant.com dan dianarobertloanfirm@gmail.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; nofiayani@gmail.com com untuk mendapatkan informasi tahu. silahkan dia satu-satunya tempat yang handal dan terpercaya. Tidak ada pajak. membayar ..

    BalasHapus
  20. Halo,
    Hal ini untuk memberitahukan kepada masyarakat umum bahwa Nyonya Christy Mark, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% kepada individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan dimengerti. hubungi kami hari ini dengan e-mail di: (chrismazzy99@gmail.com)

    BalasHapus
  21. Nama saya Dewi Rumapea, saya dari Indonesia, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kredit palsu lender di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli, saya pernah tertipu dan ditipu di sini online sebelum seorang teman yang mendapat pinjaman baru menghubungkan saya dengan seorang wanita bernama Ibu Glory yang merupakan CEO dari Glory Badan Kredit. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman 500 juta dengan tingkat bunga rendah dari 2%, tidak ada jaminan, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, itu mimpi datang melalui, jumlah pinjaman saya 500 juta dikreditkan di rekening bank saya hanya dalam selang waktu dua jam. Jadi saya ingin saran mereka sedang mencari untuk pinjaman di sini secara online harus berlaku untuk perusahaan asli, cepat hubungi sekarang email: di gloryloanfirm@mail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di dewiputeri9@gmail.com untuk info lebih lanjut.

    BalasHapus
  22. Apakah Anda seorang pengusaha atau perempuan? Jika dalam keuangan kesulitan atau membutuhkan uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Jika Anda membayar tagihan atau utang untuk menetap, atau apakah saya perlu pinjaman untuk memulai bisnis bagus? Apakah Anda memiliki nilai kredit rendah dan sangat sulit bank lokal / modal mencari untuk mendapatkan kredit dari lembaga keuangan lain? Apakah Anda memerlukan kredit atau pembiayaan untuk alasan apapun, jika Anda suka,

    * Kendaraan pinjaman
    * Real Estate pinjaman
    * Business Loans
    * Pinjaman lain
    * Kredit
    * MasterCard

    Silahkan hubungi kami via
    e-mail: eaglesfinanceloancompany@gmail.com
    Mobile: +12408924572
    +17608969709

    Catatan: Pinjaman memberikan tingkat bunga tahunan hanya 2%. Harapan Anda akan diberi kredit di negara manapun di dunia harus menjadi residensial.

    BalasHapus
  23. Halo, aku Mrs. STEPHANIE, CEO Stephanie PINJAMAN PERUSAHAAN. Seorang pemberi pinjaman pinjaman pribadi mengorbankan kesempatan masa depan. Apakah Anda membutuhkan pinjaman cepat untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Cari lebih karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang memang sangat handal, penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: stephanierobertloanfirm@gmail.com

    BalasHapus